7 Tempat Wisata di Pontianak Yang Harus Kamu Kunjungi Saat Liburan

Kalian tentu sudah tak asing lagi dengan kata Pontianak, kota ini memang sering kita dengar baik di dalam percakapan biasa maupun berita.  Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat, Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara kota ini, tepatnya Siantan,  terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa. Selain itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia dan Sungai Landak. Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang membelah kota menjadi simbol di dalam logo Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi.
Sebagai ibukota dari provinsi Kalbar, tentunya pontianak punya potensi yang lebih di banding dengan kota-kota lainnya di Klaimantan Barat, khususnya potensi dalam sektor pariwisata.
Apa saja wisata yang terdapat di pontianak?

1. Tugu Khatulistiwa

foto: .pontianakkota.go.id
Inilah wisata paling populer yang wajib kalian kunjungi jika kalian berwisata ke Pontianak, Tugu Khatulistiwa ini merupakan obyek wisata yang wajib untuk kalian kunjungi, karena kota ini terkenal dengan sebutan kota khatilistiwa, artinya Pontianak terlewati oleh garis khatulistiwa. Saat yang terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Pontianak yang paling populer ini adalah pada tanggal 21 – 23 Maret atau 21 – 23 September. Pada saat itu, terjadi fenomena alam di mana matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa sehingga semua benda yang berada di atas garis ini tidak akan memiliki bayangan.
Tugu Khatulistiwa berada sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak dan merupakan tugu kebanggaan warga Pontianak. Terdapat sebuah tulisan EVENAAR diantara 2 pilar belakang. Di sini terdapat museum yang berisikan informasi tentang garis imajinasi bumi ini. Di sekitar tempat wisata ini banyak toko souvenir yang menjual miniatur Tugu Khatulistiwa juga.

2. Pantai Pasir Panjang

foto: http://wisataindonesia.co.id
Wisata pantai tetap saja menjadi salah satu andalan pariwisata di berbagai daerah khususnya di wilayah pesisir. Jangan sampai kalian melewatkan bermain dan bersenang-senang di pantai anjan bersama orang-orang kesayangan. Jangan khawatir, wisata yang satu ini masih tergolong murah kok, untuk dapat menikmati keindahan Pantai Pasir Panjang kalian akan dikenakan tarif Rp 10.000 / orang.
Letaknya juga tak begitu jauh ntuk dijangkau, kira-kira 17km dari kota Singkawang.

3. Keraton Kadriah

foto: http://panduanwisata.id
Siapa sangka, ternyata Pontianak juga mempunyai keraton dan kesultanan seperti halnya Jogja dan Solo. mungkin memang masih asing terdengar nama Keraton Kadriah. Keraton ini sudah ada sejak tahun 1771, Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yang merupakan sultan pertama Kesultanan Pontianak, Keraton Kadriah berada di Jalan Tritura, Pontianak. Bangunan didominasi oleh warna kuning dan terbuat dari kayu belian, kayu di Kalimantan yang dikenal sebagai kayu besi karena kekuatannya. Di halaman, terdapat meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis. Sedangkan di dalam bangunan, Anda bisa menemukan singgasana sultan dan permaisuri, lengkap dengan foto-foto, pakaian sultan dan berbagai koleksi lain milik sultan. Salah satu koleksi yang unik adalah sebuah Al Quran yang ditulis tangan sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.

4. Masjid Jami Pontianak

foto: https://bismamuslim.files
Kalian juga bisa berwisata religi di pontianak, seprtia halnya di kota-kota lainnya masjid menjadi salah satu daya tarik dari sebuah kota, tak hanya kemegahannya saja yang dinilai agar masjid bisa banyak dikunjungi orang, namun sejarah dan keindahn masjid juga wajib masuk hitungan. Masjid ini punya nama lain yaitu Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. dan Masjid Jami Pontianak menjadi saksi asal mula kota Pontianak bersama Keraton. Masjid Jami Pontianak berlokasi sekitar 200 meter dari Keraton Kadriah.

5. Rumah Betang Radakng

foto: http://kabarkalbar.com
Wisata yang selanjutnya adalah replika rumah adat suku Dayak Kalimantan, meski di bilang replika nyatanya rumah ini jauh lebih besar dibandingkan rumah dayak sesungguhnya. sehingga tak heran jika rumah ini dinobatkan sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia, dengan panjang mencapai 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Ciri rumah ini berbentuk rumah panggung panjang. rumah panggung berfungsi sebagai tempat tinggal yang multiguna, selain agar terhindar dari banjir sungai, desain rumah panggung juga berguna agar hewan buas seperti harimau/macan tidak dapat menggapai/naik ke rumah.
Rumah Betang Radakng terdiri dari 3 bagian, yaitu teras, ruang selasar yang digunakan untuk berkumpulnya seluruh keluarga, dan ruang tidur yang merupakan ruang pribadi tiap kepala keluarga.

6. Museum Kalimantan Barat

foto: http://1.bp.blogspot.com
Jangan lewatkan pula untuk berwisata sejarah, mengenal lebih jauh mengenai Kalimantan khususnya Kalimantan Barat Pontianak dengan berkunjung ke Museum Kalimantan Barat. kalian bisa bersenang-senang sambil belajar tentunya.Tempat wisata sejarah ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani,  Museum ini teribagi menjadi tiga zona yang ketiganya memiliki koleksi yang berbeda. Mulai dari artefak , koleksi benda kerajaan, kerajinan seni budaya suku Dayak, sampai koleksi keramik dari Cina.

7. Aloe Vera Center

foto: http://wisatapontianak.com
Dan yang menempati posisi terakhi adalah Aloe Vera Center, kalian bisa ber wanawisata disini atau juga membeli berbagai panganan dari aloe vera untuk dijadikan oleh-oleh, yang pastinya di jamin khas banget ala pontianak. buat kalian yang belum tau, aloe vera adalah nama latin dari tanaman lidah buaya, tempat ini berada di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara.
Yang uniknya disini kalian bisa melihat lidah buaya tumbuh degan ukuran raksasa berbeda dari yang sering kita lihat pada umumnya. dan kalian juga bisa melihat proses pengolahan tanaman ini menjadi aneka makanan seperti dodol, permen dan tepung. Selain itu, lidah buaya juga diolah menjadi krim untuk kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *